Mengelola waktu dan uang dalam berbisnis

By | Maret 24, 2013

times-is-moneyHampir satu minggu saya tidak update postingan diblog ini dikarenakan kesibukan saya di dunia offline. Tetapi selama satu minggu ini juga saya mendapat pelajaran berharga ditempat pekerjaan saya.

Saya berkesimpulan bahwa dalam pekerjaan apapun dalam bisnis apapun bahkan untuk manajemen diri yang namanya waktu dan uang adalah dua hal penting yang harus kita kuasai.

Kita lihat betapa banyak para pebisnis atau pekerja yang tidak bisa menguasai kedua hal ini. Ada yang tidak bisa mengontrol waktunya, seperti mengerjakan hal yang tidak produktif, kemudian tidak disiplin.

Saya membagi 4 zona waktu dalam hidup kita (Diambil dari berbagai sumber buku):

  • Tidak Penting, Tidak mendesak ini : ini adalah aktivitas kita seperti chatting, browsing, main-main dsb
  • Tidak Penting, Mendesak : ini hampir mirip seperti contoh diatas. seperti cek email,facebook, download-download ebook. dll
  • Penting, Mendesak : Adalah pekerjaan lembur kita, kemudian pekerjaan yang ditunda dan akhirnya menumpuk yang meminta deadline.
  • Penting, Tidak mendesak : ini adalah waktu yang menurut saya harus kita kelola benar-benar artinya ini waktu yang saya rekomendasi, seperti membuat perencanaan kerja, mengevaluasi hasil kerja, melakukan hal-hal penting yang belum sampai waktu deadline.

Nah dari ke 4 itu point yang ke empat yang harus bisa kita kelola benar-benar.

Kemudian untuk masalah keuangan, begitu banyak pebisnis atau pekerja yang tidak membuat laporan keuangannya, sehingga sulit untuk memantau uang ini dipakai untuk hal-hal produktif atau pemborosan.

laporan keuangan itu tidak sebatas hanya untuk usaha saja, tetapi sebaiknya untuk manajemen diri. Agar kita bisa menekan angka pengeluaran. dan bisa melihat apa-apa saja yang tidah harus kita beli.

Solusinya adalah mencatat semua aktivitas keuangan kita. Berat memang tetapi kalau dibiasakan akan bermanfaat.

Bagaimana apakah ini bisa dipakai dalam manajemen bisnis online ? jawabannya ada pada masing-masing pribadi.

Jika ada yang mau menambahkan silahkan berkomentar


follow instagram saya Muhammad Noor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *