Bagaimana cara anda tetap fokus pada apa yang diinginkan

By | Januari 29, 2013

FokusDalam hidup ini apakah anda punya tujuan?

Ya benar tujuan apakah anda memiliki ? Kalau saya tanya lagi anda sekarang bekerja sebenarnya untuk siapa ? buat apa dan dengan cara apa ?

Hidup memang sebuah pilihan ? apa yang anda pilih itu lah tujuan anda. Tetapi problemnya banyak orang yang mempunyai tujuan tetapi tidak pernah bisa meraih tujuan tersebut. Atau seringkali terlalu banyak tujuan yang diinginkan sehingga sulit untuk dicapai.

Tujuan itu kalau saya katakan adalah hasil dari efek tindakan anda, anda lah penyebabnya. Lalu mengapa tujuan itu tidak tercapai ?

Sebenarnya ada banyak faktor yang menyebabkan tujuan itu tidak tercapai. Salah satunya adalah tidak fokus. Mengapa tidak fokus ? karena banyak hal yang anda kerjakan yang sebenarnya tidak ada kaitannya dengan tujuan anda. Apakah anda pernah mengalaminya ?

Saya pun dulu pernah mengalaminya, saya terlalu asik dengan hal lain yang memang terkadang hal yang kita kerjakan tersebut ada hubungannya dengan tujuan kita tetapi tidak ada hasilnya, seperti mengumpulkan informasi yang terlalu banyak.

Memang terkadang menyenangkan melakukan hal tersebut, tetapi kita harus berpikir ulang apakah hal ini produktif atau hanya sekedar menyibukan. Saya pernah membaca kata-kata seperti ini : “Anda sekedar sibuk atau sudah produktif

Lalu bagaimana agar tetap fokus ?

  • Ingat kembali tujuan anda, lalu kaitkan dengan aktifitas anda apakah berhubungan dengan tujuan anda.
  • Sadari apa yang anda lakukan apakah produktif atau hanya sekedar sibuk
  • Miliki hanya satu tujuan terlebih dahulu setelah tujuan itu tercapai baru lakukan tujuan berikutnya
  • Miliki alasan yang kuat untuk mencapai tujuan tersebut.
  • Hindari hal-hal yang tidak ada kaitannya dengan tujuan anda

Fokus itu seperti kaca pembesar,  jika diarahkan hanya pada satu titik dia akan membakar kertas karena fokus sinar matahari.

Bagaimana seberapa fokus kah anda sekarang..?


follow instagram saya Muhammad Noor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *